Emas Sebagai Salah Satu Pilihan Investasi

 

Menyimpan emas memang tidak ada matinya. Orang-orang zaman dahulu lebih memilih untuk menyimpan emas dalam bentuk perhiasan dibandingkan dengan uang tunai yang nilainya setiap tahun cenderung turun karena tergerus inflasi.

Emas dapat dibeli dalam bentuk perhiasan maupun emas batangan atau yang lebih dikenal dengan logam mulia.

Membeli emas dalam bentuk perhiasan memiliki keuntungan karena dapat dipakai. Namun, jika ingin disimpan sebagai sarana investasi bentuk emas seperti ini kurang menguntungkan karena ongkos pembuatannya yang mahal. Apabila dijual nilainya akan dipotong dengan ongkos pembuatan yang tidak bisa dibilang murah.

Investasi dalam bentuk logam mulia dapat menjadi pertimbangan mengingat nilainya dari tahun ke tahun cenderung meningkat sesuai dengan laju inflasi. Dalam kondisi ekonomi yang tidak stabil menyimpan logam mulai dapat berfungsi untuk melindungi aset. Nilai logam mulia memang akan mengalami kenaikan jika inflasi tinggi, akan tetapi bila inflasi rendah maka harganya akan cenderung stabil.

Logam mulia ini dapat dibeli di toko emas, cabang-cabang PT. Penggadaian ataupun unit pengolahan dan pemurnian logam mulia PT. Aneka Tambang, Tbk. Bagi mereka yang memiliki dana terbatas, PT. Penggadaian bahkan menawarkan pembelian logam mulia dalam bentuk cicilan. Ukurannya pun bervariasi mulai dari 1, 3, 5, 10 gram hingga 1 kg.

Pada saat membeli produk logam mulia keluaran PT. Aneka Tambang, Tbk maka akan mendapat sertifikat yang menjamin keasliannya. Dalam sertifikat tersebut tercantum informasi antara lain komponen, persentase logam mulianya (99.99%), berat, dimensi dan tanggal pembuatan. Sertifikat ini berbeda dengan kuitansi pembayaran yang kita dapat pada waktu membeli emas perhiasan.

Sebaiknya sertifikat dan bukti pembelian ini disimpan dengan baik sehingga ketika logam mulia tersebut akan dijual tidak akan dipertanyakan.

Kelemahan berinvestasi di logam mulia yaitu menyangkut masalah penyimpanan dan perawatan. Apabila jumlahnya banyak perlu dipikirkan di mana akan disimpan. Sementara jika dalam menyimpannya tidak hati-hati maka emas yang rusak akan mengurangi harga ketika dijual.

CONTACT INFO

Dessy Riyanti
Manulife Jakarta Gamma Fortuna

Sampoerna Strategic Square

South Tower Lt.12

Jl.Jend Sudirman Kav.45 - 46

Jakarta 12930  

 

No Lisensi AAJI: 11451067

 

 

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Hp/WA/Telegram: 081318098351

 

Disclaimer: Situs ini bukanlah website resmi asuransi jiwa Manulife Indonesia melainkan blog pribadi yang ditujukan untuk memberikan informasi seputar asuransi jiwa dan produk-produk yang tersedia di Manulife Indonesia.